Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anda Ragu Memulai Bisnis ? Coba 3 Tips Ini

memulai bisnis online

1. Minta Restu Kedua Orangtua


Sebelum memulai hal apapun yang penting dan terpenting adalah restu kedua orangtua, ini hal sederhana sebenarnya, namun banyak dari kita yang mengabaikannya.

Tapi bagaimana kalau orangtua tidak merestui ?

Tenang, jangan terlalu terburu-buru, jangan memaksa orangtua terlalu cepat untuk merestui. Ajak dialog saat sedang santai agar enak komunikasinya, tunjukan obrolan kamu yang positif dan terlihat optimis, buka wawasan mereka secara perlahan-lahan.

Kalo tetap tidak dapat restu dari mereka, coba anda diem-diem curi waktu dalam menjalankan bisnis, saat kamu dapet keuntungan, belin sesuatu untuk kedua orangtua, baju baru, sepatu, sandal, makanan atau lainnya. 


Bilang kepada kedua orangtua. " Mamah atau papah, alhamdulilah ini aku beliin baju baru, kemarin bisnis aku alhamdulilah dapet untung lumayan".

Atau pakai cara lainnya, pokoknya, selalu ceritakan semua yang positifnya aja dulu, untuk hal yang rugi dan sebagainya, jangan sampai diceritakan terlebih dahulu kepada mereka, sampai kamu dapet restu dari mereka.

2. Mulai Bisnismu Sekarang


Memulai sebuah bisnis bagi pemula yang belum sama sekali memulainya, tentunya sangat penuh kegalauan dan kebimbangan untuk memulainya.

Dalam hati. "Sukses gak ya, sukses gak ya, sukses gak ya".

Kalo saya berada di samping anda saat itu, saya akan mengatakan pada anda dengan suara yakin.

"Gak akan sukses bro, semua yang kamu belum lakuin gak bakal berhasil".

Artinya apa ? Ya bukannya saya gak suka anda sukses, tapi maksud yang saya katakan diatas, untuk menjadi sukses, syarat awal yang perlu anda lakukan adalah yakin untuk memulainya. Ya, anda cukup memulainya terlebih dahulu, sesederhana itu.

Bagaimana bisa sukses, kalau anda saja belum memulainya. "Tapi saya takutnya gagal, takut gak sukses". Itu yang perlu anda hindari setelah memulainya, yaitu mindset untuk yakin bahwa anda pasti sukses.



mulai untuk bisnis



Gagal dalam sebuah hal apapun adalah hal yang sangat wajar, apalagi untuk sebuah pemula, sangat sangat wajar. Untuk yang sudah expert aja masih bisa gagal, apalagi yang masih newbie mulai modal iseng-iseng.

Tapi perlu anda ingat, bahwa gagal bukan akhir dari segala sesuatu, gagal dalam suatu hal hanya sebagian rintangan kecil yang mudah dilewati.

Mengapa saya bilang gagal cuma sebagian rintangan kecil ? karena kalo anda sudah berpikir kecil, mindset anda sudah mengatakan bahwa itu kecil tentu akan jadi kecil.

Anda takut gagal pada awal sebelum memulai bisnis itu karena mindset anda diawal berpikir kalo gagal adalah gagal, gagal berarti selesai. Maka yang terjadi apa ? Ya udah, selesai beneran deh.

SELESAI. Eh belum, baru aja pendahuluan, udah selesai aja wkwkwk.

Coba anda gali, kalian search di internet, orang-orang yang sudah sukses, apakah mereka tidak pernah gagal? apakah mereka tidak pernah merasakan apa itu kegagalan ?

Tentu pernah bukan ? justru yang sudah sukses malah kebanyakan mereka yang gagalnya bukan cuma sekali, bahkan ada yang sampe puluhan dan ratusan kali gagal. Tapi bukan berarti anda mesti banyak melakukan kegagalan terlebih dahulu untuk sukses seperti mereka.

Mereka yang sukses itu dahulunya memang kebanyakan mereka memulainya otodidak, kalo sekarang sudah jaman internet, mestinya anda lebih gampang untuk sukses, mungkin kalo anda bisa, jangan sampe merasakan apa itu kegagalan.

Kalo anda masih takut akan kegagalan, coba deh mulai bisnis dari yang terkecil terlebih dahulu, bisnis yang kalo rugi, gak rugi uang.

3. Memulai Bisnis Tanpa Modal


Coba anda pikirkan lagi sejenak, ingat lo ya, sejenak saja jangan terlalu lama, gak baik kelamaan mikir. Pikirkan apa yang menyebabkan anda takut dengan kegagalan.

Apakah anda takut rugi uang, takut rugi waktu, apakah anda takut rugi tenaga, rugi pikiran, atau anda takut kenapa ?

Kalo anda takut rugi uang, gampang ko solusinya. Jaman udah canggih bro, tidak ada lagi untuk alasan tidak tau, tidak mampu, tidak bakat dan alasan-alasan alibi lainnya. Yang penting kamu mau dulu dah.

Bagi anda yang takut rugi uang, banyak ko bisnis tanpa modal sepeserpun. Anda cukup mau untuk memulainya saja.

Bagaimana bisa, saya mulai bisnis tanpa modal ?

Bisa mba dan mas bro, kalian coba saja mulai dari bisnis yang basic terlebih dahulu, apa itu ? jualan produk orang lain, yaitu bisnis jadi seorang dropshipper.


Dropship adalah bisnis yang paling tepat untuk pemula, bisnisnya gampang, gak perlu stok barang, gak ribet urus packing, gak pusing mikir pengiriman, dan mulainya tanpa modal.

Kalaupun anda gagal dalam bisnis ini, anda hanya rugi waktu saja, tapi untuk mental pebisnis sih untuk waktu yang dikeluarkan untuk memulai bisnis bukanlah suatu kerugian. Karena pasti banyak banget ilmu dan pengalaman yang didapat untuk menjadi pebisnis yang lebih besar di kemudian hari.


Posting Komentar untuk "Anda Ragu Memulai Bisnis ? Coba 3 Tips Ini"